Taman bisa menjadi sebuah alternatif liburan murah dan menyenangkan. Saat ini, sejumlah kota-kota besar di Indonesia telah mengembangkan dan menambah taman-taman kota, yang tak hanya berfungsi sebagai area terbuka hijau saja tetapi juga sebagai tempat rekreasi. Salah satu kota besar yang telah mengembangkan taman-taman kotanya, yakni Bandung. 

Sering dijuluki Kota Kembang, berikut ini beberapa taman kota Bandung yang wajib Anda kunjungi. Simak!




1. Taman Pustaka Bunga


Sesuai dengan namanya, konsep Taman Pustaka Bunga memang sengaja dibuat sebagai tujuan untuk “ensiklopedia” bunga. Di tempat ini terdapat lebih dari 100 jenis bunga, mulai dari bunga mawar, krisan, hingga anggrek. 

Lokasi Taman Pustaka Bunga berada di Jalan Citarum No. 23 A, Bandung.


2. Taman Vanda


@husensaurus / @bandung.banget


taman vanda merupakan taman kota bandung yang memiliki pemandangan air mancur. pada siang hari, anda bisa duduk-duduk bersantai di bawah pepohonan rimbun sambil menikmati pemandangan sekitar dan angin semilir. sementara pada malam hari, air mancur dilengkapi dengan lampu warna-warni yang memesona bisa menjadi tontonan atraksi yang menarik dan menghibur. 

anda bisa datang ke taman vanda yang berlokasi di jalan merdeka no.9, bandung. 


3. taman film


@sifaisal.sidiq / @bandung.banget


taman film merupakan taman buatan yang dilengkapi dengan megatron, yang berguna sebagai media untuk menanyakan berbagai tontonan. taman kota bandung ini memang dibangun sebagai amphitheater terbuka yang berkapasitas 500 orang. bahkan, di teman ini sering dijadikan tempat nonton bareng (nobar). 

taman film ini berlokasi di jalan layan pasupati, bandung. 


4. taman sejarah bandung


berlibur bersama anak-anak tidak hanya sekedar mencari hiburan saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana edukasi mengenal sejarah bandung. di tempat ini, anda dan keluarga bisa digunakan untuk bersantai sembari belajar sejarah terkait kota bandung.

taman sejarah bandung berada di jalan aceh no.53, babakan ciamis, bandung.


5. alun-alun bandung


@lensanuswantara


salah satu tempat yang sangat populer karena keindahannya, yaitu alun-alun bandung. sepanjang mata memandang akan terlihat hamparan rumput sintetis luas yang indah dan memanjakan mata.

taman kota bandung ini juga memiliki banyak spot-spot foto menarik. jajaran bangku merah pada bagian samping alun-alun memang sengaja dibuat untuk tempat bersantai sembari minum dan makan.


6. taman fotografi


jika sebelumnya terdapat taman film, di bandung juga terdapat taman fotografi. karena namanya, tempat ini sering dijadikan sebagai venue atau tempat acara yang berkaitan dengan fotografi. ada galeri terbuka yang lengkap dengan taman bermain anak, kursi taman dan layanan internet gratis, yang akan membuat siapapun betah berlama-lama dan bersantai di tempat ini. 




7. taman balai kota


@ari__andrian / @bandung.banget


taman balai kota masuk ke bagian gedung pemerintahan kota bandung. tersedia dua taman diisi, yakni taman dewi sartika dan taman badak.

taman ini mendapat julukan taman labirin karena bentuknya memang menyerupai labirin. nantinya, anda bisa labirin sembari berjalan santai menikmati keindahan taman. 


8. teras cikapundung


@bpmendrofa


jika anda ini bersantai sejenak dari hiruk pikuk perkotaan sekaligus mengajak anak bermain di alam terbuka, maka teras cikapundung bisa anda jadikan pilihan tempat rekreasi terbaik. di tempat ini, anda bersantai sambil menikmati alam terbuka hijau dan mendengarkan suara air yang berasal dari sungai cikapundung. teras cikapundung mempunyai tiga bagian yakni amphitheater, zona air mancur dan zona wisata. 

taman kota bandung yang satu ini memang pas untuk melepaskan penat. taman ini tergolong cukup sejuk dan teduh untuk dijadikan tempat duduk-duduk santai, karena lokasinya di samping hutan kota babakan siliwangi, kota bandung. 


9. alun-alun cicendo


alun-alun cicendo merupakan ruang publik dengan deretan tangga dan area bermain skateboard. konsep utama taman kota bandung ini yakni menggabungkan antara ruang terbuka, seni, olahraga, dan bisnis. selain tempat bermain skateboard, di tempat ini anda juga bisa sekedar duduk-duduk bersantai menikmati keindahan pepohonan hijau dan angin semilir. 


10. peta park


@petapark


Peta Park bisa Anda jadikan pilihan sebagai tempat rekreasi keluarga dan anak-anak di kota Bandung. Peta Park ini memiliki suasana yang asri dan sejuk. Fasilitas di tempat ini cukup beragam, seperti kolam ikan, taman bunga, air terjun mini, tempat bermain anak-anak, dan food court. 


11. Taman Lansia


Banyak yang mengira jika taman ini memang dibuat khusus untuk para lansia. Tetapi sebenarnya, penamaan taman ini berdasarkan keberadaan taman yang sudah ada sejak tahun 1885. 

Di tempat ini, Anda bisa bersantai dan berpiknik bersama keluarga sambil menikmati pemandangan danau cantik dan memesona. 


Itulah beberapa taman kota Bandung yang bisa dijadikan destinasi liburan atau hanya untuk sekedar bersantai bersama keluarga di akhir pekan.




(Teks: Calvin)