Ada banyak pilihan model kain gorden yang bisa Anda pilih untuk rumah Anda. Meskipun tampak sederhana, tetapi memilih model kain gorden yang tepat untuk rumah Anda bisa menjadi sangat membingungkan. Itu karena, setiap jenis kain gorden memiliki kegunaannya masing-masing berdasarkan tekstur, berat, tampilan, kemampuannya dalam memblokir atau mengekspos sinar matahari, daya tahan, dan perawatannya—dan, harganya. 

Berikut ini beberapa model kain gorden untuk hunian Anda. Simak!




1. Katun


Photo: @amymaisondecor on Instagram


Gorden katun merupakan salah satu model kain gorden yang paling umum dan populer. Katun merupakan kain gorden versatile yang bisa digunakan untuk sebagian besar ruangan di dalam rumah, dan tentu saja, cocok untuk banyak desain interior. Biasanya, gorden katun tersedia dalam berbagai warna dan motif yang bisa disesuaikan dengan desain ruangan di rumah Anda. 

Ini juga termasuk model kain gorden yang ringan, mudah dibersihkan, lembut, kuat, tahan lama, dan mampu menghalangi cahaya yang masuk ke dalam ruangan dengan baik. 


2. Linen


Photo: etsy.com


Gorden kain linen terkenal ringan, kuat, dan memiliki tampilan yang khas—tampilan serat besar. Ini juga termasuk model kain gorden sheer yang memungkinkan cahaya masuk secara lembut ke dalam ruangan agar ruangan terasa terang dan lapang. Karena sifatnya yang berpori, gorden linen juga mampu memberi kesejukan di suhu panas, sekaligus memberi kehangatan di suhu dingin. 

Namun, gorden linen ini dikenal mudah kusut dan memerlukan perawatan ekstra jika dibandingkan dengan jenis kain gorden lainnya. 

Gorden dari kain linen ini cocok digunakan untuk ruang keluarga, kamar tidur, atau pun ruang tamu. 


3. Silk


Photo: @emmalewisphotographer / Design: @blythcollinsoninteriors 


Gorden silk menawarkan tampilan yang elegan dan mewah—berkat tampilan shiny-nya. Daya tarik estetika dari gorden silk inilah yang membuatnya cukup populer. Silk merupakan kain yang tebal, sehingga mampu menghalangi panas dan cahaya yang masuk dengan sangat baik. 

Dari segi perawatan, gorden silk hanya dapat dicuci kering (dry cleaning), dan sangat rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Untuk itu, Anda mungkin memerlukan sheer curtain sebagai lapisan pertama untuk melindungi gorden silk dari paparan sinar matahari langsung. 

Tampilannya yang elegan dan mewah membuat gorden silk cocok digunakan di ruang tamu atau ruang keluarga. 


4. Polyester


Polyester merupakan pilihan model kain gorden yang paling umum dan tergolong cukup ekonomis. Ini juga termasuk jenis kain gorden yang kuat, tidak mudah kusut, tidak melar, ataupun tidak berkerut, dan perawatannya terbilang cukup mudah. Gorden polyester adalah pilihan ideal untuk digunakan di ruang tamu atau kamar tidur, namun hindari menggunakannya di dapur karena sifat polyester yang mudah terbakar, menyerap bau, dan bisa menghambat aliran udara.




5. Velvet


Photo: @jennasuedesign on Instagram


Gorden velvet menawarkan tampilan yang sangat mewah dan elegan. Namun, dibandingkan dengan model kain gorden lainnya, gorden velvet merupakan kain yang tebal sehingga cenderung lebih berat. Tapi, itu membuatnya sangat efektif memblokir panas dan cahaya yang masuk dengan sangat baik. Serta, bisa memberikan ekstra privasi ke dalam ruangan, menjadikannya ideal digunakan di kamar tidur. 

Gorden velvet juga diketahui mampu mengurangi kebisingan atau noise dengan sangat baik. Karena itu, harganya sedikit lebih mahal dibandingkan jenis kain gorden lainnya. 

Dari segi perawatan, gorden velvet hanya dapat dicuci kering (dry cleaning) untuk mempertahankan tampilannya. Tapi sayangnya, noda makanan atau minuman yang tumpah di atas gorden velvet mungkin akan sedikit sulit dibersihkan atau dihilangkan—bisa meninggalkan bekas noda membandel. 


6. Chenille


Photo: senjoohome.com


Chenille merupakan pilihan model kain gorden yang sangat bagus untuk menambah daya tarik estetika ruangan di rumah Anda. Selain tampilannya yang elegan, kain chenille juga memiliki tekstur yang membuatnya sangat unik.

Gorden chenille mampu memblokir panas dan cahaya yang masuk dengan sangat baik. Serta, mampu mengurangi kebisingan. Itu berarti dapat memberikan privasi ekstra ke dalam ruangan, menjadikannya ideal untuk digunakan di kamar tidur, ruang keluarga, ataupun ruang tamu. 

Tapi sayangnya, gorden chenille tergolong sangat berat. Model kain gorden ini juga cukup mudah menyerap tumpahan, sehingga sulit dibersihkan dan cenderung meninggalkan noda membandel. 

Gorden chenille memiliki ketahanan cahaya yang sedikit lebih rendah, membuatnya sangat rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan pemudaran warna. Untuk itu, Anda mungkin memerlukan sheer curtain sebagai lapisan pertama untuk melindungi gorden chenille dari paparan sinar matahari langsung. 



Itulah tadi beberapa model kain gorden untuk hunian Anda. Memilih kain gorden yang tepat tidak hanya berfungsi secara fungsionalitas saja, tetapi juga bisa meningkatkan daya tarik estetika rumah Anda.