Tidur menjadi hal yang dibutuhkan oleh manusia untuk membantu tubuh kembali ke kondisi awal setelah melakukan aktivitas selama terjaga. Berbagai studi dan penelitian mengatakan bahwa dari tidur yang baik dapat memperpanjang umur seseorang secara signifikan karena manusia menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur.




Ternyata manusia memiliki satu sampai tiga bakat bawaan, yakni bakat untuk mencari makan, reproduksi, atau tidur. Sementara, kasus yang terjadi pada beberapa orang masih ditemui kesulitan untuk tidur yang menjadi salah satu faktornya adalah kurang relaksasi.




kali ini, casatalk by casa kembali hadir dengan mengangkat tema bedroom unveiling the key of comfortable rest dengan workshop berjudul sleep is healing. acara kali ini dimoderatori oleh bayu rizky (principal of scaf studio) serta dibuka oleh putra tjokro (head of content casa).


narasumber kali ini turut melibatkan praktisi dari berbagai ilmu, yaitu iklim tan (architect & principal of aurasia design) dan vishal dasani (sleep educator & coach). keduanya memiliki tips tersendiri agar mendapatkan sleep healing baik dari rancangan sebuah kamar yang tepat atau cara tidur natural.




Dalam talk show ini, setiap narasumber membagikan tips untuk mendapatkan tidur yang natural baik itu dari perspektif rancangan atau desain sebuah kamar tidur ataupun metode tidur yang tepat.


Dari berbagai kasus yang terjadi, seseorang memiliki cara masing-masing untuk tidur. Namun, untuk memberikan kenyamanan sebelum tidur ruangan yang digunakan disarankan terhindar dari kebisingan dan cahaya yang terlalu terang.




Architect & Principal of Aurasia Design, Iklim Tan mengatakan bahwa lampu yang digunakan untuk tidur sebaiknya memiliki lumen atau output cahaya diantara 3000-3200. Televisi dan lampu yang tidak digunakan ketika tidur dapat menghemat penggunaan listrik sehingga dapat lebih berdamai dengan alam.


Suhu di dalam kamar tidur turut diperhatikan agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Iklim Tan memberikan tips untuk ruangan tidur disarankan diberikan ventilasi dan jika tidak ada sirkulasi udara di dalam ruangan yang ber-AC dapat menggunakan gelas diisi air untuk membantu penyesuaian suhu.




Sebuah kamar tidur tidak lepas dari kasur yang digunakan, CASATalk mengundang Alga Mattress sebagai salah satu pionir springbed manufacturing di Indonesia yang hadir sejak tahun 1976. Brand kenamaan tersebut pernah menduduki nomor satu springbed di Indonesia dengan mengalahkan kompetitornya.




alga membuka store dengan mencocokan pasar saat ini dengan melakukan rebranding pada logo dan menciptakan pengalaman baru untuk pelanggan. berkat adanya sleep store, alga tidak hanya menjual kasur tetapi menjual tidur.


terdapat konsultan tidur untuk menentukan kasur yang pas dengan kebutuhan para pelanggan. setiap kategori usia mendapatkan rekomendasi produk yang tepat dari konsultan yang berpengalaman.




Iklim Tan bukan hanya berperan sebagai perancang Sleep Store Alga, namun juga membuat sebuah koleksi matras. Ia mengklasifikasikan kasur dengan tiga jenis, yakni youth untuk usia sekolah hingga kuliah, active untuk usia produktif, dan heritage untuk usia pensiun. Masing-masing memiliki kelebihan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.


Alga Mattress membuat berbagai produk unggulan dari bahan yang ramah lingkungan. Hal itu dibuktikan dari kain yang digunakan brand springbed tersebut memiliki sertifikasi ramah lingkungan.




Acara yang mengundang berbagai kalangan ini menghadirkan workshop bertema Sleep Healing bersama Vishal Dasani yang bertujuan untuk mendapatkan tidur natural dengan mudah.




berapa lama kita butuh tidur?




Menurut Vishal Dasani, kebutuhan tidur orang dewasa umumnya 7-9 jam / malam untuk hasil restorasi dan regenerasi yang optimal. Setiap usia individu memiliki durasi tidur yang bervariasi tergantung pada kondisi fisik, mental, dan emosi.


Apa saja dampak positif dari tidur yang cukup?




Mood yang lebih bagus, tenang, rasional dan tidak mudah cemas. Pada saat seseorang mendapat tidur yang cukup maka akan mendapat kesehatan yang bagus mencakup emosional dan mental yang berdampak pada seluruh aspek.


Tidur bersifat personalize karena ada range berdasarkan usia, yang mengatakan tidur harus 8 jam adalah mitos. Lebih spesifik lagi untuk setiap orang harus bisa mencari tahu kebutuhan tidur bagi dirinya masing-masing.


Cara tidur yang tepat dari sebuah ruangan






Menurut Iklim Tan, sebuah ruangan tidur akan lebih baik jika terdapat cahaya yang masuk ke dalam secara natural sehingga seseorang lebih memahami jika sudah malam hari dan pagi hari untuk terbangun.


Tubuh seseorang memiliki sistem internal yang memberitahukan kapan harus beraktivitas dan harus beristirahat. Paparan cahaya menjadi faktor eksternal paling kuat dalam mempengaruhi sistem internal tersebut.




Kamar tidur yang nyaman adalah kamar tidur yang bersih dengan sirkulasi udara yang bagus, suhu ruangan yang cukup dingin (16-22°C), berbau harum, minim suara serta cahaya dari luar.  Penting untuk memiliki perlengkapan tidur yang nyaman seperti pemilihan bantal tidur yang lembut atau keras.


Apa yang terjadi selama kita tidur?




Orang dewasa umumnya memerlukan antara 4- 6 sleep cycles, dalam kasusnya jika seseorang tidur pukul 12 malam dan terbangun sekitar pukul 3 pagi merupakan sebuah hal yang normal. Jangan merasa panik apabila Anda terbangun ditengah malam.


Tidur seseorang diukur dalam siklus, setiap 1 siklus berdurasi 90 menit sehingga ada kemungkinan untuk terbangun. Jika terbangun usahakan Anda tidak panik dan tetap rileks dari kemungkinan yang membuat sulit tidur.



selain mendapatkan penjelasan mengenai sleep is healing untuk tidur natural dengan mudah, tamu casatalk mendapat bingkisan spesial dari alga mattress, dekoruma, dan casa untuk dibawa pulang. kemudian, untuk lima orang pemenang beruntung mendapatkan alga 3 fold bed.   




Sumber foto: Gustama Pandu / AlaCASA
Teks oleh: Rafi Fadillah