Desain eksterior rumah harus memiliki tampilan yang terlihat menarik dan sempurna, salah satunya pada fasad hunian. Fasad membentuk kesan pertama dalam menilai sebuah bangunan. Pembuatan fasad yang dekoratif dapat diterapkan dengan aksen warna cat yang sesuai dengan desain bangunan.



John Granen/bhg.com

Perpaduan warna yang digunakan pada eksterior rumah yang selaras dengan desain bangunannya, akan menghasilkan visual yang harmonis. Lingkungan sekitar rumah juga mempengaruhi warna pada bagian eksterior. Gunakan palet warna cat yang kontras atau lebih terang agar bagian eksterior dan fasad rumah menjadi fokus utama dan lebih menonjol dengan lingkungan sekitar.



Werner Straube/bhg.com            
Terdapat beberapa kombinasi warna yang bisa diterapkan dalam mewujudkan eskterior dan fasad perumahan yang eye catching dan unik. Palet warna tersebut menjadi tren dan pilihan para ahli yang cocok di eksterior rumah.
1. Putih dan abu-abu yang seimbang


Allison Corona/hgtv.com
Palet kombinasi warna putih dan abu-abu memberikan kesan minimalis dan klasik pada eksterior rumah. Menjadi salah satu kombinasi terbaik yang menghasilkan rasa penasaran tentang detail warnanya.

2. Gunakan warna alami seperti hijau


Kim Cornelison/bhg.com
Menghadirkan warna yang bervariasi dan sesuai konsep bangunan yang semakin berkesan. Pengaplikasian warna-warna alami pada bagian eksterior rumah memberikan kehangatan dan selaras dengan lingkungan. Sentuhan aksen kayu juga menjadi penyempurna dalma nuansa alami, ditambah dengan pencahayaan dari luar ruangan.

3. Menampilkan warna gelap


Kritsada Panichgul/bhg.com
Eksterior terlihat ramping dan elegan dengan menerapkan warna gelap. Perpaduan warna abu-abu, hitam, dan biru tua atau dongker. Warna-warna tersebut cocok dikombinasikan dengan sentuhan aksen kayu yang sering digunakan di luar ruangan. Selain itu, bagian dalam eksterior yang memiliki sisi warna gelap, dapat diikuti dengan furnitur berwarna terang atau mencolok di tengah warna gelap yang diberikan.

4. Pemilihan warna netral


Liz Nemeth/Majalah HGTV
Penggunaan warna netral dalam sebuah desain rumah menjadi tren sepanjang masa. Palet warna netral seperti krim yang terlihat monokromatik membuat tampilan yang lembut dan abadi.

5. Kombinasi warna earth tone

Sherwin-Williams/hgtv.com
Kombinasi warna earth tone yang biasanya terdiri dari hijau, coklat, terakota, dan biru menjadi salah satu pilihan warna favorit dlam dekorasi eksterior rumah.




Sumber gambar teaser : Timotius Kaye
Teks oleh: Desvita Aulia R.