Kembali hadir acara tahunan dunia seni yang terbesar di dunia, Milan Design Week 2023. Tampil di Kota Italia, mulai dari 17-23 April 2023. Dalam sepekan, Anda bisa menikmati serangkaian pameran dan acara yang tersebar di berbagai wilayah, meliputi kolaborasi antar desainer dengan jenama ternama. Keseruan tahun ini juga dimeriahkan oleh Salone del Mobile sebagai pameran furnitur terbesar dalam Milan Design Week.



designboom


tidak hanya itu saja, ada puluhan artwork yang tersebar, penasaran dengan highlightnya? simak ulasannya dari alacasa yang menemukan 10 artwork unik, futuristik, dan pastinya estetis nan artistik


1. pameran terbesar dari salone del mobile

salah satu rangkaian acara dalam milan design week ini adalah salone del mobile, menyumbangkan acara terbesar yang berlangsung di pusat pameran fiera milano. di sana terdapat ribuan merek yang dipamerkan seperti produk furnitur, pencahayaan, peralatan listrik, dapur, kamar mandi, luar ruangan, dan ruang kerja. 



salone del mobile


salon del mobile membuat trade fair dengan experience yang fresh berkat layout inspired by euroluce, serta berfokus pada sustainability. dan, meninggalkan pengalaman subyektif yang tak terlupakan bagi anda yang datang. pameran yang disuguhkan bukan hanya sebagai yang terbesar, tapi juga another level dengan fokus interdisciplinary cultural yang ditujukan untuk padanan light, architecture, art, and science. berikut beberapa brand yang hadir.



salone del mobile


tempat: rho fiera milano


2. superdesign show 2023

sebagai bagian dari milan design week 2023, superdesign show yang diselenggarakan superstudio akan menghadirkan serangkaian instalasi yang berpusat pada tema 'imajinasi inovasi inspirasi'. pameran ini berfokus pada freedom of choice, paduan classic and avant-garde, industry and craft, tradition and future.



superstudio


menampilkan filosofi tentang kesadaran, bahwa semua yang terjadi dalam habitat sekitar kita adalah hasil pastisipasi semua mahluk hidup yang telah melanggar aturan dan batasan.



superstudio


Tempat: FLA Atelier, via Tortona 27


Baca juga, Top 5! Langka di Dunia dan Hanya Ada di Milan Design Week


3. Vero Dengan Furnitur Berwarna dan Bentuk Abstrak

Anda yang memiliki gaya kontemporer dan artsy pasti cocok dengan jenama Vero ini, menyuguhkan furnitur Swedish design berwarna cerah dengan bentuk yang tidak biasa. Selama pekan Milan Design Week 2023, Vero hadir di Via Felice Casati 3 di Porta Venezia sekaligus menjadi physical store permanent.


vero


tempat: via felice casati 3


4. hermÉs

hermés ikut mempersembahkan salah satu instalasi yang paling dinanti dalam milan design week 2023. di jantung kota brera, french luxury house ini menghadirkan koleksi furnitur dan aksesori rumah terbaru. seni estetika yang dibawa hermés dalam furniturnya adalah untuk rumah yang terinspirasi keaslian bentuknya dan minimalis.



hermés


tempat: la pelota jai alai, via palermo 10


5. bmw - a creative’s journey installation

jenama mobil yang terkenal akan futuristik dan modern ini ikut membawa artwork yang menggugah mata dan pikiran melalui tulisannya. menceritakan perjalanannya yang bisa mencapai kreatif desain bmw saat mereka menantikan masa depan.



instalasi tidak hanya memberikan wawasan tentang proses kreatif bmw design, tetapi juga berfungsi sebagai tempat pertemuan, mendorong pengunjung untuk berhenti sejenak dan berlama-lama.





ingka.com


Tempat: Via Monte Napoleone 12


Baca juga, Instalasi Cahaya yang Bisa Didengar di Milan Design Week


6. Ikea

Dalam perayaan karier Ikea selama 80 tahun berdiri, Ikea ikut berpartisipasi dengan mengadakan pameran yang menyuguhkan sebuah pengalaman melalui keterlibatan kelima indera, menceritakan perjalanan solusi dan inovasi selama 80 tahun berdiri yang telah membentuk masa depan kehidupan, serta memberikan gambaran sekilas tentang seperti apa kehidupan rumah tangga di tahun-tahun mendatang.



selain itu, ikea dan telekom electronic beats akan mengubah pameran di padiglione visconti untuk pameran salone del mobile menjadi klub pop-up. diadakan selama 18 - 20 april 2023 yang diisi dengan tiga dj dan music selectors. tujuannya adalah untuk memberdayakan soul-lifting storytelling dan menaikkan club culture.




tempat: padiglione visconti on via tortona


7. ode to the nature by scarlet splendour at 10 corso como

scarlet splendor dan 10 corso como menghadirkan hubungan yang tidak biasa dengan alam melalui furnitur mewah nan fungsional, dan juga dapat mengubah rumah mana pun menjadi hutan yang eksotis. bentuk eksentrik, warna canggih, dan finishing kuningan akan menciptakan rasa bermain namun tetap elegan.



@beamphora


tempat: 10 corso como


8. louis vuitton – objets nomades

setelah enam tahun louis vuitton ikut berpartisipasi milan design week, kali ini berbeda dengan menghadirkan tambahan terbaru pada koleksi objek furnitur dan desain objets nomades yang inventif dan fungsional di milan design week 2023.




louis vuitton


tempat: palazzo serbelloni, corso venezia 16


9. italo rota and carlo ratti associati

mulai dari 17 hingga 26 april 2023, taman di brera akan diisi dengan karya seni bernama 'walk the talk', sebuah instalasi yang dikembangkan oleh italo rota dan cra-carlo ratti associati untuk sebagai bagian dari pameran the design week’s interni re-evolution.




tempat: orto botanico di brera


10. glo™ for art 

selama milan design week, instalasi skenografis glo™ dan agostino iacurci akan mengelilingi menara megah di largo treves. seni ini mengajak pengunjung untuk melihat bagaimana our planet bisa menjadi lebih baik melalui kebersamaan untuk masa depan.



Tempat: Palazzo Treves, Largo Treves, 1, Milano


Bagaimana, tertarik untuk datang ke Milan Design Week 2023? Jangan lewatkan tanggalnya mulai dari 17 April - 23 April 2023 dan gratis!




Foto Teaser: milan.design.week
Teks Oleh: Putri Rahma Safhira